Rencana Strategis (RENSTRA) Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik 2019-2023

Penyusunan Rencana Strategis Jurusan Arsitektur untuk periode 2019 hingga 2023 merupakan hal yang urgen dilakukan untuk merespon pemutakhiran Rencana Strategis Fakultas Teknik sebagai induk organisasi. Penyusunan Rencana Strategis ini pada dasarnya tertuju pada perumusan Visi-Misi, Tujuan serta Sasaran (VMTS) dari kedua Program Studi yang dikelola oleh Jurusan Arsitektur.

Penyusunan Rencana Strategis Jurusan Arsitektur ini dilakukan oleh suatu Tim Kerja yang dibentuk oleh Pimpinan Jurusan Arsitektur yang melibatkan unsur-unsur Koordinator Program Studi, Kepala-Kepala Laboratorium, Koordinator Kelompok Dosen Keahlian (KDK), serta beberapa dosen di lingkungan jurusan Arsitektur. Tim Kerja ini ditetapkan melalui SK Dekan Fakultas Teknik No.141/UN.12.2/LL/2019, tanggal 10 April 2019.

Penyusunan rumusan Rencana Strategis Jurusan Arsitektur, dilakukan melalui melalui dua tahap Focus Group Discussion (FGD). Tahap 1 adalah forum pembahasan internal yang melibatkan pemangku kepentingan internal jurusan yaitu seluruh dosen, perwakilan mahasiswa dan tenaga kependidikan. Secara formal, tahap ini telah dilaksanakan dalam wujud repat tim kerja secara berkala yang dokumentasinya dapat disaksikan dalam bagian lampiran dokumen ini. Tahap 2 merupakan forum pembahasan eksternal yang melibatkan pemangku kepentingan eksternal meliputi pimpinan fakultas serta beberapa wakil dari asosiasi profesi, pengguna lulusan dan alumni. Tahap ini pun telah dilaksanakan dalam forum Rapat Jurusan yang dihadiri Pimpian Fakultas, serta melalui forum Engineering Expo tahun 2019. Pelaksanaan FGD bertahap ini adalah untuk menjamin bahwa rumusan VMTS dalam Rencaa Strategis Jurusan Arsitektur saling memiliki keterkaitan, konsisten secara hirarkis dengan rumusan VMTS UNSRAT serta VMTS Fakultas Teknik. Hal ini juga merupakan upaya untuk menghasilkan rumusan VMTS program studi di Jurusan Arsitektur yang jelas dan realistik.

Renstra Jurusan Arsitektur 2019-2023 selengkapnya dapat dilihat pada lampiran berikut.

Lampiran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *