Spesifikasi Mata Kuliah (Kurikulum 2020)
1 | BAHASA INDONESIA | ARS1241 | 2 | III | 2 | Program pengajaran mata kuliah akan memberikan mahasiswa peserta didik untuk dapat mengembangkan kepribadian dan nilai-nilai dasar cinta tanah air melalui bahasa nasional. Secara khusus berupa pemahaman dan penerapan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam penulisan ilmiah pada bidang ilmu arsitektur adalah sarana pengembangan IPTEKS yang harus dikuasai oleh mahasiswa | |
2 | CITIZENSHIP | ARS1081 | 2 | III | 2 | Program pengajaran mata kuliah akan memberikan mahasiswa peserta didik agar supaya mengetahui wawasan nusantara, ketahanan nasional, politik dan strategi nasional serta sistem hankamnas untuk menanamkan jiwa nasionalisme yang luhur bagi generasi muda sebagai bekal dalam membentuk karakter sebagai Bangsa Indonesia di tengah pergaulan bangsa-bangsa di dunia dan di tengan kemajuan di era revolusi insdutri 4.0. | RPS(BHS) - Kewarganegaraan |
3 | PANCASILA | ARS1071 | 1 | I | 2 | Mengetahui dan memahami Pancasila sebagai landasan kefilsafatan, tinjauan ketunggalan dari kelima silanya, dari sejarah kelahiran dan perkembangannya serta penerapannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Agar dapat membentuk karakter sebagai Bangsa Indonesia di tengah pergaulan bangsa-bangsa di dunia dan di tengan kemajuan di era revolusi insdutri 4.0. | RPS(BHS) - Pancasila |
4 | RELIGION | ARS1061 | 1 | I | 2 | Pendidikan agama merupakan mata kuliah wajib nasional yang bersama-sama dengan mata kuliah Pancasila, Kewarganegaraan, dan Bahasa Indonesia merupakan mata kuliah yang membentuk kepribadian Indonesia. Mata kuliah ini tidak hanya menekankan pada aspek pembelajaran pengetahuan dan keterampilan semata, tetapi yang lebih penting ialah menanamkan sikap. Materi utama mata kuliah disajikan pada modul yang tersedia secara online yang dikeluarkan Ditbelmawa, Kemenristekdikti yang akan diperkaya dengan materi-materi yang tersedia pada modul e-learning. | RPS(BHS) - Agama Kristen Protestan RPS(BHS) - Agama Islam RPS(BHS) - Agama Khatolik RPS(BHS) - Agama Budha RPS(BHS) - Agama Khonghucu |
5 | ENTREPRENEURSHIP | ARS1492 | 4 | VII | 2 | Kewirausahaan merupakan merupakan mata kuliah wajin Unsrat yang bertujuan untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan di bidang keahlian atau keilmuan terutama di era revoluasi industry 4.0. Ruang lingkup konsep kewirausahaan berorientasi pada dua aspek utama, yaitu orientasi nilai (value-oriented) dan orientasi tujuan (goal-oriented). Salah satu muatan penting yang perlu diintroduksi kepada mahasiswa yaitu internalisasi sistem nilai yang terkandung dalam entreprneurship, yakni kemandirian, berpikir kreatif, soft-skill, keterampilan interpersonal, komunikasi persuasif, kerja keras, persistensi, dan lainnya. Pada akhirnya, dampak jangka panjang yang diharapkan dari pembentukan nilai-nilai tersebut adalah kemampuan menangkap dan mengkreasikan peluang menjadi sesuatu yang memiliki nilai jual dan nilai tambah; “merubah kotoran dan rongsokan menjadi emas” | RPS(BHS) - Kewirausahaan |
6 | PACIFIC | ARS1182 | 1 | II | 2 | Program pengajaran mata kuliah akan memberikan mahasiswa peserta didik untuk menguasai pengetahuan dan mampu menganalisis potensi geoposisi dan geopolitik serta potensi keunggulan kompetitif Sulawesi Utara di Kawasan Pasifik, dan Pemanfaatannya serta pengembangannya di era revolusi industri 4.0 | RPS(BHS) - Kepasifikan |
7 | ENGLISH | ARS1172 | 1 | II | 2 | Bahasa Inggris merupakan merupakan mata kuliah wajib Universitas yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan penguasaan Bahasa Inggris yang diwujudkan melalui ujian Toefl. Mata kuliah ini memuat essential and advanced grammatical structures Bahasa Inggris yang perlu dipahami oleh mahasiswa, berbagai latihan keterampilan membaca (reading skills) dan menyimak (listening comprehension) yang diarahkan untuk persiapan menghadapi test TOEFL di samping untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam membaca literatur-literatur berbahasa Inggris yang terkait dengan bidang ilmu/program studinya. | RPS(BHS) - Bahasa Inggris |
8 | INTERNSHIP | ARS3392 | 3 | VI | 2 | Program pengajaran mata kuliah akan memberikan mahasiswa peserta didik untuk dapat menguasai secara umum aspek etika profesi dan aturan kerja yang berlaku sesuai dengan peran profesional yang diemban seorang sarjana arsitektur, konsepsi tata kerja aneka industri konstruksi sebagai target habitat kerja seorang sarjana arsitektur | Ditetapkan dalam panduan terpisah |
9 | THEMATIC COMMUNITY SERVICE PROGRAM | ARS4480 | 4 | VII | 4 | Program pengajaran mata kuliah akan memberikan mahasiswa peserta didik untuk dapat menguasai dan mampu memperdalam pengertian dan penghayatan tentang cara berfikir dan bekerja secara interdisipliner dan lintas sektoral, pengembangan secara utuh khususnya daerah pedesaan; mendewasakan cara berfikir untuk melaksanakan penelaahan dan pemecahan masalah yang ada di dalam masyarakat secara pragmatis ilmiah. | RPS(BHS) - KKT |
10 | ARTIFICIAL INTELEGENCE | ARS2292 | 2 | IV | 2 | Mata Kuliah Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence / AI) adalah mata kuliah penciri Fakultas Teknik Unsrat yang disesuaikan dengan kebutuhan pengetahuan mahasiswa Fakultas Teknik untuk antisipasi Revolusi Industri 4.0. Rancangan pembelajaran semester ini disusun sebagai upaya memahami Konsep Dasar Optimasi dan Pembelajaran Mesin serta aplikasi pada bidang Teknik. sehingga mampu membuat aplikasi / program komputer untuk menyelesaikan masalah – masalah pada bidang Teknik Arsitektur. | RPS(BHS) - Kecerdasan Buatan |
11 | INTRODUCTION TO ARCHITECTURE | ARS1101 | 1 | I | 2 | The course teaching program includes a number of study materials which, when completed, will provide students with a comprehensive perspective on architecture philosophically as well as competencies in the form of basic knowledge regarding architecture which will become entry behavior / entry skills in a number of other courses in the next semesters. The learning materials in question include: 1) Architecture: A Philosophical Review, 2) Scope of Architectural Knowledge, 3) Conception of Architecture as a Science and Art, 4) Conception of Architecture as Design, 5) Conception of Architecture as a Built Environment, 6) Conception of Architect Authority and Architectural Users, 7) Architectural Design Relations with the Scope of Planning / Design of Other Built Environment, 8) Conception of Functions in Architecture, 9) Conceptions of Aesthetics in Architecture, 10) Concepts in Architectural Design. The learning program is held as many as 16 meeting with the length of time each face-to-face is 100 minutes (2 x 50 minutes), of which 4 (four) meetings are allocated for the explanation of the learning program, formative tests in the form of mid-semester exam, end-of-semester exam and remedial of formative tests as a form of evaluation of the success of learning activities. Meetings are carried out in the form of lectures and topical discussions. In addition to formal meetings, learning activities are also carried out through the provision of structured assignments associated with existing learning materials. The activity of making structured assignments is also a component of evaluating the success of learning activities. | RPS(ENG) - Introduction to Architecture |
12 | ARCHITECTURE HISTORY / PRECEDENT | ARS1142 | 1 | II | 2 | Program pengajaran mata kuliah akan memberikan mahasiswa peserta didik untuk mengenal dan memahami secara mendalam aspek sejarah / perkembangan / preseden desain arsitektur manca negara | RPS(BHS) - Sejarah & Preseden Arsitektur |
13 | VERNACULAR ARCHITECTURE IN COASTAL & HILLY AREAS | ARS3341 | 2 | III | 2 | Arsitektur vernacular kawasan pesisir dan perbukitan adalah Mata Kuliah yang berbasis pada pengetahuan arsitektur dan bangunan, yang mencakup pemahaman arsitektural dalam konteks ilmu arsitektur (grand design) Indonesia. Mata kuliah ini akan membahas ciri mendasar Arsitektur Nusantara di satu sisi, serta ke- bhinneka-an arsitektur. Mata kuliah juga dikenalkan pula perbedaan antara arsitektur tradisional, arsitektur vernakular dengan arsitektur Nusantara | RPS(BHS) - Arsietktur Vernakular Kawasan Pesisir dan Perbukitan |
14 | ARCHITECTURE THEORY | ARS3272 | 2 | IV | 3 | Program pengajaran mata kuliah akan memberikan mahasiswa peserta didik untuk dapat mengenal dan memahami konsepsi lingkup teori arsitektur dan aplikasinya, mencakup teori penggubahan bentuk dan ruang arsitektur, teori fungsi arsitektur dan teori proses / metode desain arsitektur | RPS(BHS) - Teori Arsitektur |
15 | ARCHITECTURE RESEARCH | ARS4461 | 4 | VII | 2 | Program pengajaran mata kuliah akan memberikan mahasiswa peserta didik untuk dapat memahami secara mendalam aspek lingkup / domain, macam / jenis serta ragam metode penelitian arsitektur | RPS(BHS) - Riset Arsitektur |
16 | ENVIRONMENTAL SCIENCE OF COASTAL & HILL AREAS | ARS1081 | 1 | I | 2 | Menguasai secara umum konsepsi dasar interaksi manusia dengan lingkungannya, konsepsi lingkungan alamiah sebagai kesatuan sistemik ekologis serta ragam komponennya (biotik/abiotik), teori-teori dasar klimatologis, hidrologis dan geologis, serta karakteristik ekosistem kawasan pesisir dan bercorak khusus kawasan pesisir dan perbukitan. | RPS(BHS) - Ilmu Lingkungan |
17 | BUILDING SCIENCE / PHISYCS IN COASTAL & HILLY AREAS | ARS2191 | 2 | III | 3 | Mata kuliah ini berisikan konsepsi teoritis dasar-dasar fisis komponen lingkungan binaan yang mencakup kalor, cahaya, suara dan energi. Dalam mata kuliah ini mahasiswa dibekali dengan pengetahuan dan ketrampilan untuk memahami kenyamanan termal, visual, akustikal dan olfaktoris dalam hubungannya dengan interaksi manusia dengan lingkungan dan bangunan. | RPS(BHS) - Fisika & Sains Bangunan Kawasan Pesisir dan Perbukitan |
18 | ARCHITECTURE SCIENCE | ARS2252 | 2 | IV | 3 | Program pengajaran mata kuliah akan memberikan mahasiswa peserta didik untuk dapat menguasai secara mendalam konsepsi lingkungan binaan (bangunan) sebagai kesatuan sistemik serta konsepsi tata kerja beragam sub sistemnya, secara khusus sistem tata udara, tata cahaya, tata suara, tata air dan manajemen energi., sistem kontrol lingkungan binaan, meliputi kontrol iklim mikro, kontrol pasif dan kontrol aktif lingkungan ruang dalam bangunan | RPS(BHS) - Sains Arsitektur |
19 | BUILDING STATICS & MECHANICS | ARS1091 | 1 | I | 3 | Mengenal dan memahami konsepsi teoritik statika dan mekanika teknik sebagai dasar rekayasa struktur bangunan. | |
20 | MATERIALS BUILDING TECHNOLOGY | ARS1132 | 1 | II | 3 | Program pengajaran mata kuliah akan memberikan mahasiswa peserta didik untuk mengenal dan memahami aspek teknologi bahan bangunan standar (kayu, beton dan baja) untuk komponen struktural bangunan dan untuk komponen arsitektural bangunan (non struktural), serta aspek preseden dalam inovasi dan evolusinya | |
21 | BUILDING STRUCTURE & CONSTRUCTION | ARS2201 | 2 | III | 3 | Program pengajaran mata kuliah akan memberikan mahasiswa peserta didik agar supaya menguasai secara mendalam konsepsi teoritik sistem konfigurasi struktur bangunan serta prinsip-prinsip konstruksi bangunan standar baik untuk komponen struktural maupun komponen arsitektural (non struktural) bangunan, serta aspek preseden dalam inovasi dan evolusinya | |
22 | BUILDING UTILITY | ARS2262 | 2 | IV | 3 | The course teaching program will provide students with an in-depth understanding of the theoretical conception of utility requirements for standard buildings and their various systems, as well as aspects of precedent in innovation and evolution. | RPS(ENG) - Building Utility RPS(BHS) - Utilitas Bangunan |
23 | LANDSCAPE IN COASTAL & HILLY AREAS | ARS3301 | 3 | V | 3 | Mastering in general the scope of landscape architecture; definitions, principles in landscape architecture, history of the development of landscape architecture, scale, character, quality of landscaping, getting to know plants in landscaping, landscape design processes starting from tread programs, site analysis, site development by paying attention to the rules of outdoor space, visual elements / micro-scale outer space, environment and city | RPS(ENG)-Landscape In Coastal & Hilly Areas |
24 | INTERIOR DESIGN | ARS3372 | 3 | VI | 3 | Program pengajaran mata kuliah akan memberikan mahasiswa peserta didik untuk dapat Menguasai secara umum konsepsi / kaidah-kaidah teoritis serta preseden praktik perancangan ruang dalam arsitektur (interior design) | RPS(BHS) - Desain Interior |
25 | CITY & SETTLEMENT | ARS4441 | 4 | VII | 3 | Program pengajaran mata kuliah akan memberikan mahasiswa peserta didik untuk dapat menguasai secara umum konsepsi / kaidah-kaidah teoritis, standar serta preseden praktik perencanaan dan perancangan kota, serta perencanaan perumahan dan permukiman. Menguasai secara mendalam proses, metode dan strategi integrasi kaidahkaidah teori, standar dan preseden praktik perancangan tapak, ruang luar, lansekap, desain interior, perancangan kota dan perumahan/ permukiman dalam proses perancangan objek arsitektural terkait dengan permasalahan perancangan yang kontekstual. | RPS(BHS) - Kota dan Perumahan Permukiman |
26 | LAW IN DEVELOPMENT | ARS3321 | 3 | V | 2 | Rancangan pembelajaran mata kuliah ini disusun sebagai upaya agar supaya mahasiswa peserta didik dapat menguasai secara umum aspek administrasi pembangunan, serta norma, regulasi dan standar yang relevan untuk kegiatan perencanaan, perancangan / desain, dan pembangunan / konstruksi fisik lingkungan binaan. | RPS(BHS) - Hukum Pranata Pembangunan |
27 | ENGINEERING DOCUMENTATION & PROJECT MANAGEMENT | ARS4451 | 4 | VII | 3 | Program pengajaran mata kuliah akan memberikan mahasiswa peserta didik untuk dapat menguasai secara umum, prinsip-prinsip penyusunan dokumen uraian spesifikasi teknis rancangan (RKS) dan dokumen perencanaan biaya (RAB) serta ragam dokumentasi teknis lainnya dalam kaitan dengan aspek manajemen proses konstruksi fisik rancangan lingkungan binaan | RPS(BHS) - Dokumentasi Teknis dan Manajemen Proyek |
28 | INTRODUCTION TO PROFESSION | 4 | VII | 2 | |||
29 | ARCHITECTURE MATHEMATICS & STATISTICS | ARS1121 | 1 | I | 3 | Program pengajaran mata kuliah akan memberikan mahasiswa peserta didik untuk Memahami dan trampil mengkomunikasikan pemikiran arsitektural melalui ekspresi matematik dan komputer atau secara manual dan dengan bantuan komputer | RPS(BHS) - Matematika dan Statistika Arsitektur |
30 | COMPUTER-BASED ARCHITECTURAL COMMUNICATION | ARS1162 | 1 | II | 3 | Program pengajaran mata kuliah akan memberikan mahasiswa peserta didik untuk memahami dan trampil untuk dalam mengkomunikasikan pemikiran arsitektural melalui medium gambar serta model tiga dimensional yang dibuat dengan bantuan komputer. | RPS(BHS) - Teknik Komunikasi Arsitektur Berbasis Komputer |
31 | (1st & 2nd Elective) SMART BUILDING | ARS3331 | 3 | V | 3 | This course contains the history and concepts of smart buildings, principles and functionalization of smart buildings. Building automation for temperature control, humidity and air pressure in the room, control of application and acoustics of rooms and environments. Telecommunication systems in buildings and out of buildings, such as real-time operationalization/control systems to achieve energy efficiency in buildings, building safety systems. | RPS(ENG) - Smart Building |
31 | (1st & 2nd Elective) ARCHITECTURE & CULTURE IN COASTAL & HILLY AREAS | ARS3341 | 3 | V | 3 | Mata kuliah pilihan yang berisikan tentang Menguasai secara umum pengertian, dimensi dan unsur kebudayaan, isu-isu pusaka budaya serta relevansinya dengan desain arsitektur | RPS(BHS) - Arsitektur & Kebudayaan Kawasan Pesisir dan Perbukitan |
32 | (1st & 2nd Elective) STRATEGIC ISSUES FOR ENVIRONMENTAL MANAGEMENT IN COASTAL & HILLY AREAS | ARS3351 | 3 | VI | 3 | Program pengajaran mata kuliah akan memberikan mahasiswa peserta didik untuk dapat menguasai secara umum pengertian, dimensi dan nsure kebudayaan, isu-isu pusaka budaya serta relevansinya dengan desain arsitektur | RPS(BHS) - Isu Strategis Tata Lingkungan Kawasan Pesisir dan Perbukitan |
32 | (1st & 2nd Elective) INTRODUCTION TO ECONOMICS & BUSINESS | ARS3361 | 3 | VI | 3 | Program pengajaran mata kuliah akan memberikan mahasiswa peserta didik untuk dapat Menguasai secara umum prinsip-prinsip ekonomi dan bisnis serta aspek financial keuangan dan relevansinya dengan pengembangan berbagai lingkungan binaan, khususnya objek arsitektural. | RPS(BHS) - Pengantar Ekonomi dan Bisnis |
33 | (3rd & 4th Elective) ARCHITECTURE CRITIQUE | ARS3402 | 3 | V | 3 | This Architectural Critique course is one of the elective courses provided in semester VI (six) of the Undergraduate Architecture Study Program curriculum, Department of Architecture, Faculty of Engineering, Sam Ratulangi University, Manado, with a weight of 3 (three) credits. As a course, the learning activities to be carried out are dominated by tutorial activities in addition to a small portion of practicum activities with the main evaluation tools in the form of mid-semester exams (UTS) and final semester exams (UAS). Another evaluation component is task assessment which is an exercise in compiling simple architectural criticism works, referring to the types of architectural criticism studied in one of the subjects. | RPS(ENG) - Architecture Critique |
33 | (3rd & 4th Elective) DISASTER RESPONSE BUILDING TECHNOLOGY | ARS3412 | 3 | V | 3 | Program pengajaran mata kuliah akan memberikan mahasiswa peserta didik untuk dapat menguasai secara umum konsepsi teoritik implementasi teknologi bangunan (aplikasi bahan, struktur dan konstruksi serta utilitas bangunan) terkait dengan konteks lokasi / tapak yang terkategori rawan bencana alam (banjir, gempa, gelombang pasang, erupsi vulkanik dan sebagainya) | RPS(BHS) - Bangunan Tanggap Bencana |
34 | (3rd & 4th Elective) INTRODUCTION TO ENVIRONMENTAL SOCIOLOGY | ARS3422 | 3 | VI | 3 | Program pengajaran mata kuliah akan memberikan mahasiswa peserta didik untuk dapat menguasai secara umum dasar-dasar ilmu sosiologi, ragam kebutuhan manusia sebagai individu maupun makhluk sosial dan konteks sosiologi dari suatu lingkungan binaan / arsitektur khususnya di kawasan pesisir dan perbukitan | RPS(BHS) - Pengantar Sosiaologi Lingkungan Binaan |
34 | (3rd & 4th Elective) INTRODUCTION TO ENVIRONMENTAL PSYCHOLOGY IN COASTAL & HILLY AREAS | ARS3432 | 3 | VI | 3 | Program pengajaran mata kuliah akan memberikan mahasiswa peserta didik untuk dapat menguasai secara umum kaidah-kaidah psikologi lingkungan binaan dalam kaitannya dengan aspek perilaku pengguna lingkungan binaan kawasan pesisir dan perbukitan. | RPS(BHS) - Pengantar Psikologi Lingkungan |
35 | BASIC ARCHITECTURE DESAIN | ARS1110 | 1 | I | 6 | Program pengajaran mata kuliah akan memberikan mahasiswa peserta didik untuk memahami secara mendalam proses, metode dan strategi perancangan arsitektur berdasarkan permasalahan yang kontekstual, khususnya terkait dengan metode analisis aspek-aspek konsideran rancangan (objek, tapak dan tema), serta metode konseptualisasi baik konsep programatik (program ruang) dan konsep konfigurasi bentuk dan ruang arsitektural yang fungsional dan bermakna. Serta trampil dalam proses, metode dan strategi teknik integrasi sistem struktur, konstruksi dan utilitas bangunan menjadi kesatuan fungsional yang efektif dan kompatibel dengan konfigurasi bentuk dan ruang di dalam suatu rancangan objek arsitektural tungggal hunian sederhana dalam bentuk komunikasi pemikiran arsitektural melalui medium gambar serta model tiga dimensional yang dibuat secara manual. | RPS(BHS) - Dasar Desain Arsitektur |
36 | 1st ARCHITECTURE DESIGN | ARS1150 | 1 | II | 8 | Program pengajaran mata kuliah akan memberikan mahasiswa peserta didik untuk memahami secara mendalam proses, metode dan strategi perancangan arsitektur berdasarkan permasalahan yang kontekstual, khususnya terkait dengan metode analisis aspek-aspek konsideran rancangan (objek, tapak dan tema), serta metode konseptualisasi baik konsep programatik (program ruang) dan konsep konfigurasi bentuk dan ruang arsitektural yang fungsional dan bermakna. Serta trampil dalam proses, metode dan strategi teknik integrasi sistem struktur, konstruksi dan utilitas bangunan menjadi kesatuan fungsional yang efektif dan kompatibel dengan konfigurasi bentuk dan ruang di dalam suatu rancangan objek arsitektural tungggal hunian sederhana dalam bentuk komunikasi pemikiran arsitektural melalui medium gambar serta model tiga dimensional yang dibuat secara manual. | RPS(BHS) - Desain Arsitektur 1 |
37 | 2nd ARCHITECTURE DESIGN | ARS2220 | 2 | III | 8 | Program pengajaran mata kuliah akan memberikan mahasiswa peserta didik agar supaya memahami dan trampil dalam proses, metode dan strategi perancangan arsitektur berdasarkan permasalahan yang kontekstual, khususnya terkait dengan metode analisis aspek-aspek konsideran rancangan (objek, tapak dan tema), serta metode konseptualisasi baik konsep programatik (program ruang) dan konsep konfigurasi bentuk dan ruang arsitektural yang fungsional dan bermakna., teknik integrasi sistem kontrol lingkungan binaan, teknik integrasi sistem struktur, konstruksi dan utilitas, konsepsi / kaidah teoritis, standar serta preseden praktik perencanaan dan perancangan tapak menjadi kesatuan fungsional yang efektif dan kompatibel dengan konfigurasi bentuk dan ruang di dalam suatu rancangan objek arsitektural jamak terkait dengan permasalahan perancangan yang kontekstual dalam bentuk komunikasi pemikiran arsitektural melalui medium gambar serta model tiga dimensional yang dibuat secara manual | RPS(BHS) - Desain Arsitektur 2 |
38 | 3rd ARCHITECTURE DESIGN | ARS2280 | 2 | IV | 9 | Program pengajaran mata kuliah akan memberikan mahasiswa peserta didik untuk dapat memahami dan trampil dalam proses, metode dan strategi perancangan arsitektur berdasarkan permasalahan yang kontekstual, khususnya terkait dengan metode analisis aspek-aspek konsideran rancangan (objek, tapak dan tema), serta metode konseptualisasi baik konsep programatik (program ruang) dan konsep konfigurasi bentuk dan ruang arsitektural yang fungsional dan bermakna., teknik integrasi sistem kontrol lingkungan binaan, teknik integrasi sistem struktur & konstruksi lantai tanggung , system utilitas, konsepsi / kaidah teoritis, standar serta preseden praktik perencanaan dan perancangan tapak menjadi kesatuan fungsional yang efektif dan kompatibel dengan konfigurasi bentuk dan ruang di dalam suatu rancangan objek arsitektural tunggal terkait dengan permasalahan perancangan yang kontekstual dalam bentuk komunikasi pemikiran arsitektural melalui medium gambar serta model tiga dimensional yang dibuat secara manual maupun digital | RPS(BHS) - Desain Arsitektur 3 |
39 | 4th ARCHITECTURE DESIGN | ARS3310 | 3 | V | 9 | Rancangan pembelajaran mata kuliah ini disusun sebagai upaya agar supaya mahasiswa peserta didik dapat memahami dan trampil dalam proses, metode dan strategi perancangan arsitektur berdasarkan permasalahan yang kontekstual, khususnya terkait dengan metode analisis aspek-aspek konsideran rancangan (objek, tapak dan tema), serta metode konseptualisasi baik konsep programatik (program ruang) dan konsep konfigurasi bentuk dan ruang arsitektural yang fungsional dan bermakna., teknik integrasi sistem kontrol lingkungan binaan, teknik integrasi sistem struktur & konstruksi bentang lebar, system utilitas, konsepsi / kaidah teoritis, standar serta preseden praktik perencanaan dan perancangan tapak dan ruang luar menjadi kesatuan fungsional yang efektif dan kompatibel dengan konfigurasi bentuk dan ruang di dalam suatu rancangan objek arsitektural majemuk multi fungsi terkait dengan permasalahan perancangan yang kontekstual dalam bentuk komunikasi pemikiran arsitektural melalui medium gambar serta model tiga dimensional/animasi yang dibuat secara manual maupun digital | RPS(BHS) - Desain Arsitektur 4 |
40 | 5th ARCHITECTURE DESIGN | ARS3380 | 3 | VI | 9 | 5TH ArchitecturE Design (AR-3380) is one of the core courses in the curriculum of the Undergraduate Architecture Study Program, Faculty of Engineering, Sam Ratulangi University. This course is designed to support the achievement of the main competencies of graduates, especially as prospective architects. This course is characterized by a block course in the sense that it is a course whose learning materials are cross-group and focused on achieving learning outcomes in various categories, both in the form of mastery of knowledge and special skill abilities. As a compulsory subject, this course has other courses as prerequisites, in particular the Basic Architectural Design, Architectural Design 1, Architectural Design 2, Architectural Design 3 and Architectural Design 4 which are hierarchically tiered to form a group of core courses in the curriculum of the study program. This course is also a prerequisite for tiered core courses in the following semesters, namely Pre-Final Final Project and Final Project courses as part of the core courses group in the study program curriculum. | RPS(ENG) - 5th Architecture Design |
41 | PRE - FINAL PROJECT | ARS4470 | 4 | VII | 4 | Program pengajaran mata kuliah akan memberikan mahasiswa peserta didik untuk memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan pemikiran arsitektural melalui medium tulisan ilmiah dan presentasi lisan dalam suatu forum formal. | Ditetapkan dalam panduan terpisah |
42 | FINAL PROJECT | ARS4500 | 4 | VIII | 6 | Program pengajaran mata kuliah akan memberikan mahasiswa peserta didik untuk memiliki kemampuan mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan ke-arsitekturan dalam melaksanakan kegiatan perancangan suatu objek arsitektural berupa bangunan gedung dan / atau lingkungan eksterior dan interiornya, berdasarkan konteks permasalahan perancangan tertentu, terkait dengan tipologi objek, lokasi / tapak, serta tema tertentu, dan menghasilkan rancangan yang memenuhi kriteria-kiteria dasar kualitas arsitektur (fungsional, kokoh, estetis), dan terpresentasikan dengan baik lewat dokumen hasil rancangan yang komunikatif. | Ditetapkan dalam panduan terpisah |