LinksLinks2make money online

FAKULTAS TEKNIK

Universitas Sam Ratulangi

Umum, BMN, Keuangan, Kepegawaian

Sumber Daya Manusia Fakultas Teknik Unsrat 2022

Sumberdaya manusia merupakan bagian/komponen dari factor internal yang ada di Fakulatas Teknik Universitas Sam Ratulangi ( Unsrat ). Hal ini meliputi tenaga Pendidikan (Dosen) dan Tenaga Kependidikan (Pegawai). Sebagai bagian/komponen dari factor internal maka keberadaan nya dalam menjalankan fungsi Tridharma Perguruan Tinggi menjadi penting. Sumberdaya ini memiliki peran dalam proses Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Penyelenggaraan Pendidikan kepada mahasiwa membutuhkan sebuah rasio jumlah dosen dan mahasiswa  yang sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh kementrian Pendidikan. Kemudian, Sumberdaya ini perlu memiliki taraf Pendidikan yang lebih baik yaitu pada jenjang Pendidikan Strata-3 (Doktor) Hal ini dimaksudkan agar proses belajar mengajar dapat terselenggara dengan baik dan benar. Penyelenggaraan proses belajar mengajar yang baik dan benar jika terjadinya tranfer dan pengkajian ilmu yang dapat memberikan pengetahuan dan ketrampilan bagi mahasiswa dan dosen. Jadi dalam proses belajar yang baik dan benar akan memberikan manfaat bagi mahasiswa dan dosen dalam pengembangan diri dalam etika, moral, pengetahuan dan ketrampilan.

Penyelenggaraan Penelitian memerlukan suatu kreativitas dari dosen dan pegawai untuk menghasilkan karya-karya yang berorientasi pada inovasi baru. Hal ini dapat terjadi jika dalam setiap kegiatan penelitian dilakukan dengan berkolaborasi antar dosen dan antar pegawai yang memiliki  kompetensi serta melibatkan mahasiswa didalamnya. Produk hasil penelitian tersebut difokuskan pada pengembangan ilmu dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan dunia industry.

Penyelenggaraan Pengabdian kepada masyarakat merupakan bentuk partisipasi dan profesionalisme dosen dan pegawai untuk terlibat dalam mengatasi permasalahan yang ada di masyarakat. Hal ini menjadi penting karena Dosen dan Pegawai merupakan bagian dari masyarakat yang memiliki kompetensi dan ketrampilan yang dapat diabdikan untuk penyelesaian permasalahan keteknikan yang ada. Dengan mengembangkan Tenggang rasa dan kepedulian maka diwujudkanlah pengabdian kepada masyarakat dengan praktek nyata yang bersifat aktif .

Untuk mencapai keberhasilan pengabdian, Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat maka dibutuhkan ukuran-ukuran dengan Indikator Kinerja Utama ( IKU ) dan Kontrak kerja. Kedua Faktor ini dijadikan standar penilaian untuk mengukur keberhasilan penyelenggaraan Tridharma Perguruan tinggi Unsrat yang memiliki Visi dan misi Unggul dan Berbudaya. Selanjutnya Visi dan misi Unsrat diterjemahkan dalam ilmu Keteknikan dalam bentuk Visi dan Misi Fakultas Teknik yaitu Menuju Fakultas Teknik bertaraf internasional dan berkarakter Lokal.

Dari deskripsi yang telah diuraikan diatas maka Fakultas Teknik membutuhkan sebuah konsep pengembangan sumberdaya manusia yang actual dan prospektif. Untuk itu disusunlah konsep pengembangan sumberdaya manusia di Fakultas Teknik Unsrat.

Informasi selengkapnya dapat dilihat pada dokumen berikut:

Lampiran

PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA Fakultas Teknik Unsrat 2022

Comment here

English EN Indonesian ID
%d bloggers like this: