BeritaHasil SurveiZona Integritas

Hasil Monitoring dan Evaluasi Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan di Fakultas Teknik Unsrat Januari – Juli 2021

Banner Web Fatek Unsrat

Berikut ini disampaikan Hasil Monitoring dan Evaluasi Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan di Fakultas Teknik Unsrat Januari – Juli 2021.

LATAR BELAKANG

Monitoring dan evaluasi merupakan kegiatan pemantauan terhadap jalannya suatu kegiatan serta memberikan penilaian apakah kegiatan itu berjalan sesuai dengan prosedur yang berlaku, untuk selanjutnya ditindaklanjuti. Monitoring dan evaluasi berguna agar kegiatan yang dilakukan dapat memberikan hasil yang memuaskan. Pelayanan prima dari tenaga kependidikan merupakan salah satu faktor kunci berjalannya proses pendidikan yang baik di institusi pendidikan tinggi. Hal ini ditentukan oleh rasa tanggung jawab dan kompetensi dari tenaga kependidikan ada, sehingga pelayanan yang dilakukan dapat memberikan hasil yang memuaskan bagi masyarakat, baik di dalam maupun di luar kampus.

TUJUAN

Laporan ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan di Fakultas Teknik.

TEMPAT DAN WAKTU
Tempat : Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado
Waktu : Januari – Juni 2021.
DASAR HUKUM
  • Permenpan RB no. 16 Tahun 2014 tentang Pedoman SurveI Kepuasan Masyarakat
  • Permenpan RB no. 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik
METODE PENENTUAN TINGKAT KEPUASAN

Laporan ini dibuat oleh Unit Penjaminan Mutu (UPM) berdasarkan hasil pengolahan data kuesioner yang dilakukan oleh Unit Kerjasama Monev dan Survei (UKMS).
Kinerja tenaga kependidikan diukur dengan menggunakan dua kuesioner (terlampir), serta disebarkan melalui media sosial (WhatsApp). Dua kuesioner itu adalah kuesioner yang diberikan kepada dosen dan kepada mahasiswa.
Penilaian terhadap pernyataan yang ada di kuesioner terdiri dari pilihan sebagai berikut.

  • Tidak memuaskan (bernilai 1)
  • Kurang memuaskan (bernilai 2)
  • Memuaskan (bernilai 3)
  • Sangat memuaskan (bernilai 4)

Penilaian umum terhadap kinerja tenaga kependidikan secara umum diperoleh dari nilai rata-rata keseluruhan pertanyaan dengan kriteria sebagai berikut.

  • Tidak memuaskan (nilai 1 – <2)
  • Kurang memuaskan (nilai 2 – <3)
  • Memuaskan (nilai 3 – <4)
  • Sangat memuaskan (nilai 4)
Demografi Responden

Responden survei ini untuk rentang waktu Januari sampai dengan Juni 2021 berjumlah 23 orang, dimana 20 orang merupakan mahasiswa dan 3 lainnya adalah dosen.

Hasil Selengkapnya dapat dilihat pada Lampiran berikut..

Lampiran

Comment here

%d bloggers like this: