Prodi S1 Teknik Informatika
BeritaInfo Kampus MedekaInfo Kegiatan Kemahasiswaan

DPL MSIB di PT. STECHOQ Robotika Indonesia

Kegiatan monitoring dan evaluasi dimulai dengan persiapan dan keberangkatan tim ke Yogyakarta tempat lokasi Mitra MSIB PT. Stechoq Robotika Indonesia, dengan menggunakan transportasi pesawat udara pada Rabu, 8 Juni 2022. Kegiatan monitoring dan evaluasi MSIB ini dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tanggal 9 – 10 Juni 2022.

Pada hari pertama Kamis, 9 Juni 2022 tim melakukan kunjungan ke PT. Stechoq Robotika Indonesia Office Sawitsari dengan alamat di Kec. Depok Kab. Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Office Sawitsari ini merupakan salah satu dari 3 Kantor Stechoq di Yogyakarta. Di hari pertama ini diadakan pertemuan dengan pimpinan perusahaan dan mentor program magang. Dalam pertemuan tersebut dibicarakan mengenai pelaksanaan kegiatan magang bersertifikat di Stechoq, mekanisme rekuitmen dan proses magang, pembahasan konversi kurikulum untuk SKS Kampus Merdeka, serta apa saja yang didapatkan oleh mahasiswa perserta magang bersertifikat di Stechoq.

Tim dan pihak Stechoq juga membahas mengenai keselarasan antara kurikulum di kampus dengan kebutuhan dari dunia industri, tanggapan atas kinerja mahasiswa magang selama beberapa bulan bekerja di Stechoq serta apa tahap selanjutnya yang bisa ditempuh oleh mahasiswa magang setelah selesai melaksanakan kegiatan magang di Stechoq (Materi terlampir).

Kegiatan MSIB di Stechoq sendiri dibagi ke dalam 4 Project yaitu

1). Riset Teknologi Trasnformasi Digital 4.0 pada Industri Manufaktur,

2). Riset Teknologi Trasnformasi Digital 4.0 pada Industri Kesehatan,

3). Riset Teknologi Trasnformasi Digital 4.0 pada Industri Pendidikan dan

4). Riset Teknologi Trasnformasi Digital 4.0 pada Industri Peternakan.

Untuk Stechoq Office Sawitsari sendiri mahasiswa magang di kantor ini adalah yang mengerjakan Project Industri Manufaktur dan kami berkesempatan untuk melihat lokasi magang dari mahasiswa dan suasana kantor di Stechoq, serta Presentasi Mahasiswa MSIB mengenai “Arm Transfer” yang dipakai di Industri Manufaktur.

Kegiatan pada hari kedua Jumat, 10 Juni 2022, tim mengunjungi PT. Stechoq Office DIC di Kampus Universitas Gajah Mada Yogyakarta. Di lokasi ini, mitra MSIB bekerja sama dengan Universitas Gajah Mada di bengkel Workshop Digital Innovation Center. Mahasiswa MSIB yang mengerjakan Project Industri Pendidikan berada di Kantor ini. Dan kegiatan dilanjutkan dengan Presentasi dan Demo Project Industri Pendidikan dari Mahasiswa MSIB.

Demikian rangkuman kegiatan DPL MSIB pada mitra PT. Stechoq Robotika Indonesia selama dua hari yaitu pada tanggal 9 – 10 Juni 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *