Panduan Portal Inspire untuk Mahasiswa Baru

Untuk mengakses portal inspire, silahkan untuk mengetikan alamat http://inspire.unsrat.ac.id dan masukan Username serta Password yang sudah diberikan saat anda melakukan pendaftaran sebagai mahasiswa baru di Unsrat.

Gambar dibawah adalah tampilan dashboard dari portal inspire ketika anda berhasil login. Menu pertama yang ada adalah menu Biodata. Dalam menu ini anda bisa melihat sekaligus mengubah data biodata mahasiswa, orang tua, keluarga, dan berkas pendukung lainnya.

Menu selanjutnya adalah menu Perkuliahan. Pada menu ini berisikan sub menu sebagai berikut:

  1. Jadwal : Untuk melihat jadwal perkuliahan mata kuliah yang ditawarkan
  2. KRS (Kartu Rencana Studi) : Untuk melakukan kontrak mata kuliah yang akan diikuti selama 1 semester berjalan
  3. Presensi : Untuk memasukan kode absen kuliah yang dibagikan oleh dosen pengampu mata kuliah setiap kuliah dilaksanakan sebagai tanda kehadiran mahasiswa
  4. Ujian Akhir Semester : Untuk memasukan kehadiran dalam Ujian Akhir Semester
  5. Elearning Unsrat: Untuk melihat kelas e-learning dari mata kuliah yang telah dikontrak
  6. EPOM : Berisi kuisoner tentang evaluasi pembelajaran oleh mahasiswa
  7. KHS (Kartu Hasil Studi) : Untuk melihat nilai akhir yang diperoleh oleh mahasiswa di akhir semester
  8. Transkrip : Untuk melihat keseluruhan nilai yang telah diperoleh selama berkuliah
  9. Bimbingan Khusus : Fitur ini dikhususkan untuk mahasiswa yang minimal telah berada pada semester 9 dan telah lulus 119 sks. Mahasiswa dapat mengontrak Mata Kuliah dalam kategori BK.

Menu selanjutnya adalah menu Kemahasiswaan. Dalam menu ini berisi data mengenai Beasiswa, Prestasi yang diperoleh selama berkuliah, Organisasi kemahasiswaan yang diikuti, Penyesuaian UKT, Angsuran UKT, dan KIP UKT.

Menu berikutnya adalah menu KKT. Bagi mahasiswa yang akan dan sementara mengikuti KKT, pada menu ini terdapat informasi seperti pendaftaran dan laporan KKT.

Menu selanjutnya yang perlu diketahui oleh mahasiswa baru adalah menu Bimbingan Akademik. Dalam menu ini anda dapat berkomunikasi dengan dosen pembimbing akademik tentang hal-hal yang berhubungan dengan perkuliahan atau hal lain yang membutuhkan konsultasi.

Menu berikutnya adalah menu Skripsi/Thesis. Menu ini dapat dipergunakan oleh mahasiswa tingkat akhir yang akan mengikuti skripsi. Mahasiswa dapat memulai dengan mengunggah file proposal pada sub menu Proposal. Mahasiswa juga dapat mengusulkan perubahan SK pada sub menu Perubahan, dan informasi seminar hasil dan Ujian akhir skripsi dapat dilihat pada menu Seminar Hasil dan Ujian Akhir.

Menu selanjutnya adalah menu Cuti & Pindah. Bagi mahasiswa yang akan mengajukan Cuti kuliah dan Pindah dapat mempergunakan menu ini untuk pengajuan proses administrasi.

Menu Wisuda, dapat diakses oleh mahasiswa yang akan mengajukan wisuda. Dalam menu ini calon wisudawan dapat melihat informasi terkait wisuda, mengisi kuisoner, mengupload berkas dan melihat hasil verifikasi berkas wisuda.

Dalam menu Perpustakaan, mahasiswa dapat melihat koleksi-koleksi buku, skripsi, thesis dan disertasi serta jurnal-jurnal yang dapat dipergunakan selama berkuliah dan mengerjakan Tugas Akhir Skripsi.

Menu terakhir dalam portal inspire adalah menu Layanan Lain. Dalam menu ini mahasiswa dapat melihat riwayat registrasi, billing untuk pembayaran UKT, membuat email student Unsrat, membuat akun WiFi yang dapat dipergunakan untuk mengakses internet selama berada dalam kampus, notifikasi, daftar tes online, pelatihan/workshop dan permintaan fasilitas.

Demikian panduan singkat portal inspire unsrat. Semoga dapat bermanfaat khususnya bagi mahasiswa baru yang baru saja bergabung bersama di Program Studi Teknik Informatika.

Leave a Reply

Your email address will not be published.