Mobile Development Class

Sejarah membuktikan kalau teknologi memberi perubahan yang besar bagi manusia. Hal itu terjadi disegala bidang dan mempengaruhi setiap aspek kehidupan manusia. Teknologi setiap saat bersinggungan dengan hidup kita mulai dari kita bangun tidur, makan, bekerja, lalu kembali tidur lagi teknologi tidak akan terlepas dari kehidupan. Jika semua kehidupan kita bergantung dengan teknologi tentu saja dengan industri kita bukan?

Industrilasasi pertama manusia dimulai dari ditemukannya tenaga uap pada abad 18. Satu abad setelah itu listrik ditemukan dan ini menjadi awal terjadinya sebuah revolusi industri ke 2 didalam kehidupan manusia. Sekitar tahun 70an merupakan awal dari revolusi industri 3.0. Penemuan komputer dan perangkat otomotatisasi dalam industri telah merubah kehidupan manusia secara keseluruhan. Tidak lama setelah itu internet ditemukan, dan kita mulai mengenal apa yang disebut dengan perangkat digital. Internet dan perangkat digital inilah yang menjadi cikal bakal Industri 4.0.

Industri 4.0 merupakan sebuah evolusi sistem yang menyatukan antara cyber/digital dengan fisik atau biasa disebut juga dengan cyber-physical system. Teknologi otomatisasi dan teknologi cyber perlahan tapi pasti mulai merubah teknologi manufaktur yang ada saat ini. Istilah-istilah yang terkait dengan Industri 4.0 seperti Industrial IoT (Internet of Things)CloudBig Data AnalyticsCyber Security dan lain-lain.

Digitalisasi berada ditengah-tengah Industri 4.0. Digitalisasi membawa banyak perubahan. Mulai dari perubahan pada produk dan penawaran servis hingga kedalam model bisnis dan akses pelanggan. Data dan kemampuan analitik akan memainkan peran kunci dalam keberlangsungan industri 4.0.

Dimanakah peran Aplikasi Mobile dalam revolusi Industri 4.0? Aplikasi Mobile memiliki peranan dan konteks penting dalam Industri 4.0. Aplikasi Mobile berfungsi untuk merekam data pelanggan, yang kemudian sangat penting untuk dianalisis. Seperti yang kita ketahui saat ini, orang-orang lebih banyak menghabiskan waktunya di dalam Aplikasi Mobile daripada browser ataupun perangkat dekstop. Aplikasi Mobile memegang peranan kunci dalam pengumpulan data di Industri 4.0. Sejak ditemukan pertama kali pada tahun 2007 Aplikasi Mobile telah Distrupting berbagai aspek dalam kehidupan kita. Ratusan ribu aplikasi di buat setiap tahunnya. Aplikasi Mobile bukan merupakan hal yang asing lagi digunakan didalam hal yang berhubungan dengan sektor pelanggan.

Mengingat hal itu, demi untuk memberi pemahaman lebih dalam kepada mahasiswa dan juga membagi ilmu tentang pengembangan Mobile app ini, UNSRAT IT Community (UNITY) membuat pelatihan secara gratis kepada mahasiswa tentang Pengembangan Aplikasi Mobile dengan nama kegiatan “Mobile Development Class”, kegiatan ini dilakukan pada 27 November 2019 dan diikuti oleh banyak mahasiswa yang antusias.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *