Program Kemitraan Masyarakat Prodi Teknik Informatika di SMA/SMK Yayasan Pendidikan Kristen Manado

Manado, BeritaManado.com – Program Studi Teknik Informatika Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT) mengenalkan pembelajaran Berbasis Teknologi dan Multimedia kepada SMA/SMK Yayasan Pendidikan Kristen Manado, Jumat (20/9/2019).

Prodi Teknik Informatika UNSRAT melalui Tim yang terdiri dari Dosen dan Mahasiswa antara lain Kaprodi Virginia Tulenan, S.Kom, MTI, Dr. Eng. Sary Paturusi, ST, M. Eng, Sartje Silimang, ST, MT, Yekke Mamahit, ST, M. Eng, dan dua mahasiswa atas nama Julio Robot dan Tara Tuju.

Tim Turun langsung mengenalkan Pembelajaran Barbasis Teknologi dan Multimedia melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM), ini merupakan bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini Prodi Teknik Informatika UNSRAT memberikan hal yang baru kepada masyarakat, khususnya untuk guru dan siswa yang kali ini kegiatan berlangsung di SMA/SMK YPK Manado.

Selain Sosialisasi, kegiatan ini juga mengenalkan Pembelajaran Berbasis Teknologi dan Multimedia lewat pemaparan dan presentasi dari dosen dan mahasiswa Prodi Teknik Informatika UNSRAT.

Hal ini sangat positif supaya ada warna baru dalam metode pembelajaran guru kepada siswa.

Dosen Teknik Informatika UNSRAT Dr. Eng. Sary Paturusi, ST, M. Eng kepada BeritaManado.com mengatakan kegiatan ini bertujuan mengenalkan pembelajaran multimedia kepada guru dan siswa.

“Ini kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, yaitu sosialisasi atau pengenalan pembelajaran multimedia di SMA dan SMK YPKM, jadi pembelajaran multimedia ini berlaku bagi siswa dan juga guru-guru yang ada, baik di SMA maupun SMK, jadi bagaimana kita dapat mengemas konten pembelajaran menjadi lebih menarik tidak hanya sebatas teks, buku, atau media papan tulis, tetapi dengan konten multimedia dimana guru-guru juga dapat memanfaatkan teknologi,” kata enci Sary.

Enci Sary menambahkan bahwa ada pembelajaran-pembelajaran yang memanfaatkan teknologi yang sederhana yaitu dengan power point, melalui game edukasi dan juga video-video.

“Dengan konten multimedia, guru-guru dapat mengemas konten pembelajaran menggunakan teknologi, yang paling sederhana yaitu power point, atau video-video pembelajaran ataupun pembelajaran melalui game,” sambungnya.

Selanjutnya menurut enci Sary kerjasama ini bisa berlangsung jangka panjang, terus menerus terjadi mengingat dampak positif yang bisa diraih, begitu banya hal dan materi dari UNSRAT khususnya Prodi Teknik Informatika untuk bisa di bagi kepada masyarakat khususnya guru dan siswa.

“Kedepannya dari UNSRAT khususnya Prodi Teknik Informatika kerjasama ini bisa berlangsung beberapa waktu kedepan bukan hanya saat ini saja. Ada begitu banyak yang bisa di bagikan, bisa ada transfer ilmu kepada mereka, ini juga bentuk pengabdian Prodi Teknik Informatika,” kata enci Sary.

Peserta didik atau siswa-siswa saat ini cendrung lebih menyukai sesuatu yang baru, metode pembelajaran yang monoton memungkinkan siswa merasa jenuh dalam belajar.

Ungkapan bahagia disampaikan Ricki salah satu siswa SMA/SMK YPK Manado.

“Senang sekali kakak-kakak dan dosen Unsrat bisa berbagi Ilmu kepada kami siswa. Kami mendapat ilmu baru, terus terang seperti ini mudah untuk di pahami, menarik,” kata Ricki.

(RaldiTandayu)

Leave a Reply

Your email address will not be published.