Judul Penelitian Bidang Pengembangan Sistem Perangkat Lunak
Judul Penelitian Bidang Pengembangan Sistem Perangkat Lunak
Usulan Judul dari Mner Stanley D. S. Karouw, ST, MTI.
No | Topik Penelitian | Judul Penelitian (usulan) | Metode |
1 | Estimasi Pengembangan Sistem Informasi | Metrik Proses dan Proyek Perangkat Lunak | (disarankan) menggunakan metode survei, penelitian tindakan atau studi kasus, tidak membutuhkan kemampuan pemrograman kecuali pada judul-judul tertentu |
Estimasi Proyek Perangkat Lunak | |||
Penjadwalan Proyek Perangkat Lunak | |||
Manajemen Resiko Proyek Perangkat Lunak | |||
Pemeliharaan Software | |||
Rekayasa-ulang Perangkat Lunak | |||
2 | Requirements Engineering (RE) dalam Pengembangan Sistem Informasi | Studi Kelayakan Proyek Perangkat Lunak | (disarankan) menggunakan metode survei, penelitian tindakan atau studi kasus, tidak membutuhkan kemampuan pemrograman kecuali pada judul-judul tertentu |
Dokumentasi RE (Vision, SRS, SAD) | |||
Traceability RE, SDC dan ST | |||
Elicitation RE | |||
Modeling RE | |||
Analysis, Validation & Verification RE | |||
Management RE | |||
Teknik RE | |||
3 | Pemodelan dan Perancangan Sistem Informasi | Proses Perancangan dan Konstruksi Perangkat Lunak | (disarankan) menggunakan metode Eksperimen, membutuhkan kemampuan programming tingkat dasar |
Konsep Perancangan dan Implementasi dalam Pemrograman (abstraksi, patterns, modularity) | |||
Konsep Perancangan dan Implementasi dalam Pemrograman berorientasi Obyek (component-level) | |||
Arsitektur Perangkat Lunak | |||
Perancangan level-component berorientasi obyek (cohesion – coupling) | |||
Perancangan Antar-muka Perangkat Lunak | |||
Perancangan perangkat lunak berbasis patterns | |||
Perancangan aplikasi berbasis web | |||
Perancangan aplikasi berbasis mobile | |||
Perancangan aplikasi berbasis service | |||
Perancangan aplikasi berbasis cloud | |||
Perancangan aplikasi IoT | |||
Perancangan aplikasi embeded | |||
Perancangan aplikasi game | |||
Perancangan aplikasi multimedia | |||
Perancangan aplikasi pembelajaran | |||
4. | Software Process Improvement (SPI) | Studi Perbandingan Kerangka Kerja SPI | (disarankan) menggunakan metode survei, penelitian tindakan atau studi kasus, tidak membutuhkan kemampuan pemrograman kecuali pada judul-judul tertentu |
Model Software Process Improvement | |||
Teknik Software Process Improvement | |||
SPI pada Organisasi Pengembang Perangkat Lunak | |||
SPI dan Assessment Maturity Level (CMMI, CMMI-DEV, KIPI) | |||
Risk Management for SPI | |||
SPI ROI | |||
5. | Jaminan Kualitas dan Pengujian Sistem Informasi | Konsep dan Implementasi Jaminan Kualitas Perangkat Lunak (standar kualitas, resiko, metode dan teknik) | (disarankan) menggunakan metode Eksperimen, membutuhkan kemampuan programming tingkat dasar |
Pengukuran Kualitas Perangkat Lunak (metode, teknik, review dan post-mortem review) | |||
Proses Jaminan Kualitas Perangkat Lunak | |||
Strategi Pengujian Perangkat Lunak | |||
Pengujian Verifikasi – Validasi untuk Perangkat Lunak berorientasi Obyek, berbasis Web dan berbasis Mobile | |||
Pengujian level system untuk perangkat lunak berorientasi obyek, berbasis web dan berbasisi mobile | |||
Teknik Debugging dalam pengujian perangkat lunak berorientasi obyek, berbasis web dan berbasis mobile | |||
Pengujian Aplikasi Konvensional (white-box, black-box, basis path, control structure) | |||
Pengujian Aplikasi secara Real-time | |||
Patterns Pengujian Perangkat Lunak | |||
Pengujian Perangkat Lunak berorientasi Obyek | |||
Pengujian Corretness – Consistency Model Berorientasi Obyek | |||
Pengujian Fault-based dan Scenario-based testing untuk Perangkat Lunak berorientasi Obyek | |||
Pengujian Random-testing dan Partition-testing untuk Level Kelas berorientasi Obyek | |||
Pengujian Interclass-case dengan teknik multiple-class | |||
Perencanaan dan Proses Pengujian Perangkat Lunak berbasis Web | |||
Pengujian Konten, Antar-muka, Navigasi Perangkat Lunak berbasis web | |||
Pengujian Level-componen, Konfigurasi, Performance Perangkat Lunak berbasis Web | |||
Pengujian Keamanan untuk Perangkat Lunak berbasis Web | |||
Strategi Pengujian Perangkat Lunak berbasis Mobile | |||
Teknik Pengujian Test Matrix, Stress Testing dan Testing Production Environment Perangkat Lunak berbasis Mobile | |||
Teknik Pengujian Interaksi-Pengguna untuk Perangkat Lunak berbasis Mobile | |||
Pengujian Persyaratan Keamanan pada Perangkat Lunak | |||
Jaminan Keamanan dan Privasi pada Aplikasi Media Sosial, Komputasi Awan dan IoT | |||
Analisis Rekayasa Keamanan pada Perangkat Lunak | |||
Jaminan Kualitas Keamanan pada Perangkat Lunak (Proses, Analisa Resiko dan Tata Kelola) | |||
Formal Modeling dan Verification pada Perangkat Lunak | |||
6
|
Software Defect Prediction (SDP) | Estimating the Number of Defects | (disarankan) menggunakan metode Eksperimen, membutuhkan kemampuan programming tingkat dasar |
Classifying Software Components as Defect-prone and Non-defect prone | |||
Mining Reveal Software Defect Associations | |||
Metode Estimasi Software Defects dengan Pendekatan Statistik | |||
Metode Estimasi Software Defects dengan Capture-Recapture (CR) Models | |||
Metode Estimasi Software Defects dengan Detection Profile Methods | |||
Metode Estimasi Software Defects dengan Association Rules | |||
Metode Estimasi Software Defects dengan Metode Klasifikasi (Naïve-Bayes, Decision Tree, Nearest Neighbour, Neural Network, Support Vector Machine, Ensemble Classifiers) | |||
7 | Secured-software Programming | Aplikasi (Anonimity, eVoting, Blockchain-based, SAM-based authentication, Malware dan anti-malware, Secure Sofware Development Lifecycle) | |
Implementasi Software (implementasi persamaan atau algoritma kedalam kode program) | |||
Protokol (Modeling, Formalizing dan Verification, Secure DNS) | |||
Kriptografi dan Steganografi (Stegokripto dan Visual Cryptography) | |||
Matematika dan Struktur (Aljabar, Finite Field dan Kurva Eliptik) | |||
8 | Implementasi Strategi Algoritma | Algoritma Brute Force | (disarankan) Eksperimen dan Studi Kasus. Acuan Judul spesifik bisa dilihat di: http://informatika.stei.itb.ac.id/~rinaldi.munir/Stmik/2016-2017/Makalah2017.htm. Membutuhkan kemampuan programming dalam Bahasa pemrograman tertentu |
Algoritma Greedy | |||
Algoritma Divide and Conquer | |||
Algoritma Decrease and Conquer | |||
Algoritma DFS dan BFS | |||
Algoritma Backtracking (Runut-balik) | |||
Algoritma Branch and Bound | |||
Route/Path Planning Using A Star and UCS | |||
Dynamic Programming | |||
String Mathing dengan Regex | |||
Teori Komputasi | |||
9 | Sistem Informasi untuk Data Mining dan Big Data | Implementasi Software untuk Estimation (dengan menggunakan neural network, multiple linier regression, dll) | |
Implementasi Software untuk Prediction (dengan menggunakan neural network, multiple linier regression, SVM dll) | |||
Implementasi Software untuk Klasifikasi (dengan menggunakan CART, K-NN, ID3, C4.5 dll) | |||
Implementasi Software untuk Clustering (dengan menggunakan K-means, Fuzzy C-means, SOM, K-Medoids, dll) | |||
Implementasi Software untuk Association (dengan menggunakan Apriori, FP-Growth, dsb) |
Informasi ini bagus