Program Studi

  1. Program Studi S1 Teknik Mesin

Pimpinan

Visi

Menjadi pusat pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, yang mampu melahirkan sarjana yang unggul dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang teknik mesin.

Misi

Melaksanakan proses pendidikan akademik unggulan jenjang S1 di bidang Teknik Mesin dengan selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, untuk terwujudnya lulusan yang berkualitas, sesuai dengan kebutuhan pasar kerja sarjana teknik mesin di tingkat regional, nasional maupun internasional, dan mampu berpartisipasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan terutama di bidang teknik mesin.

Tujuan

  1. Mampu merancang mesin-mesin yang sesuai dengan fungsinya
  2. Mampu membuat produk dengan aliran proses proses produksi yang sesuai
  3. Mampu menganalisa jenis sumber energi dan menentukan jumlahnya serta cara mengkonversinya dari suatu mesin
  4. Mampu menentukan jenis material yang sesuai dengan karakterisasi yang diperlukan serta merubah sifat mekaniknya.
  5. Mampu mengidentifikasikan, memformulasikan, dan memecahkan masalah perancangan dan perbaikan sistem yang terdiri dari manusia, material, informasi, peralatan dan energi.

 

Program Studi

  1. Program Studi S1 Teknik Elektro.
  2. Program Studi S1 Teknik Informatika

Pimpinan

 

I. Program Studi S1 Teknik Elektro

Visi

Menjadi Pusat Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat bidang Elektroteknik yang unggul dan berbudaya pada tahun 2021.

Misi

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan elektroteknik yang berkualitas dan berbudaya.
  2. Berkewajiban mengembangkan dan melaksanakan penelitian di bidang elektroteknik untuk kebutuhan lokal, nasional dan internasional.
  3. Bertanggungjawab menciptakan kegiatan pengabdian masyarakat yang berdaya saing lokal, nasional dan internasional.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian bidang teknik elektro, berintegritas, dan memiliki kepribadian yang baik, memiliki kemampuan bekerja, kepemimpinan dan etika professional, menciptakan lapangan pekerjaan serta meneruskan pendidikan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
  2. Membuka kesempatan yang seluas-luasnya bagi penyelenggara pendidikan untuk mengembangkan kualitas diri
  3. Mampu mengikuti perkembangan teknologi dalam penyelenggaran proses pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

II. Program Studi S1 Teknik Informatika

Visi

Menjadi program studi yang mampu mempersiapkan sumberdaya manusia yang unggul di bidang teknologi informasi di kawasan pasifik dan berbudaya serta mampu bersaing dalam era revolusi industri 4.0

Misi

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan yang berorientasi pada perkembangan ilmu dan teknologi terkini.
  2. Memfasilitasi aktifitas/kegiatan kemahasiswaan dalam rangka meningkatkan soft skill.
  3. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang mendukung pengembangan dan penerapan teknologi informasi di berbagai lini.
  4. Melakukan kerjasama dengan institusi lain dalam rangka meningkatkan kompetensi tenaga pendidik dan lulusan.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan keahlian di bidang teknik informatika serta mampu mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi di era revolusi industri 4.0.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan kepasifikan dan inovasi yang luas, etika profesi, sikap profesional, dan jiwa kewirausahaan serta mampu memanfaatkan teknologi informasi sesuai prinsip-prinsip keilmuan yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.
  3. Menghasilkan inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi melalui karya penelitian yang bermanfaat, serta kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis teknologi yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
  4. Terciptanya jejaring kerjasama dan kemitraan dengan berbagai pihak pemangku kepentingan seperti perguruan tinggi lain, institusi pemerintah, swasta, industri maupun masyarakat, baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional.

Website: http://informatika.unsrat.ac.id

 

Program Studi

  1. Program Studi S1 Teknik Sipil.
  2. Program Studi S1 Teknik Lingkungan

 

Pimpinan

 

Visi

Menjadi Program Studi Sarjana Teknik Sipil yang merupakan salah satu pusat keunggulan pendidikan dan penelitian keteknikan untuk konstruksi bangunan di kawasan Pasifik

 

Misi

  1. Meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana prasarana serta sumber daya manusia dalam bidang pendidikan dan penelitian, relevansi dan daya saing Program Studi Sarjana Teknik Sipil.
  2. Memperluas akses dan kesetaraan antara civitas akademika Program Studi Sarjana Teknik Sipil di kawasan Pasifik.
  3. Mengembangkan kesejahteraan yang mendorong peningkatan kinerja dan produktivitas pendidikan dan penelitian.
  4. Mengembangkan pengelolaan Program Studi Sarjana Teknik Sipil yang akuntabel dan berkelanjutan.

 

Tujuan

Sesuai dengan tujuan Fakultas Teknik, Program Studi Sarjana Teknik Sipil Universitas Sam Ratulangi berusaha untuk menghasilkan sarjana yang sesuai dengan permintaan pemangku kepentingan, memperluas akses pelayanan ke semua strata masyarakat dan memberikan layanan akademis maupun professional yang dibutuhkan pemangku kepentingan.

Tujuan Umum Pendidikan Program Studi Sarjana Teknik Sipil adalah menghasilkan warga negara yang memiliki kualifikasi sebagai berikut :

  1. Memiliki integritas tinggi yaitu jujur dan tegas dalam mempertahankan nilai – nilai moral berdasarkan Pancasila
  2. Berpendidikan dan beretika sehingga bisa menjadi teladan yang baik dalam kehidupan bermasyarakat
  3. Berpikir, bertindak dan bersikap sebagai ilmuwan.
  4. Mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dipelajari untuk merumuskan penyelesaian masalah yang dihadapi dalam tugas dan tanggung jawabnya maupun dalam bermasyarakat.
  5. Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan bidang keahliannya.

Tujuan Khusus Pendidikan Program Studi Sarjana Teknik Sipil adalah menghasilkan lulusan yang memiliki ketrampilan sehingga :

  1. Memiliki daya saing serta kompetensi pada bidang konstruksi bangunan sesuai kebutuhan pemangku kepentingan di kawasan Pasifik.
  2. Mampu menghasilkan penelitian yang berkualitas yang dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta berguna bagi kesejahteraan masyarakat.
  3. Mampu memberikan layanan dan solusi terhadap permasalahan masyarakat di kawasan Pasifik yang berhubungan dengan Teknik Sipil.
  4. Memperluas jaringan dan kerjasama untuk pengembangan Program Studi Sarjana Teknik Sipil di kawasan Pasifik secara berkelanjutan

 

Tenaga Pengajar

Tenaga pengajar Teknik Sipil adalah orang-orang yang terlatih dan ahli dalam bidangnya masing-masing. Jumlah tenaga pengajar antara lain sebagai berikut :

  • Guru Besar : 6 orang
  • Doktor : 23 orang
  • Magister : 43 orang

 

Fasilitas Penunjang

Ruang kelas

Jurusan Teknik Sipil memiliki 9 ruang kelas yang efisien dengan kapasitas ±40 orang pada setiap kelasnya. Untuk itu, proses belajar ditunjang dengan whiteboard serta LCD.

Laboratorium

Jurusan teknik sipil memiliki laboratorium-laboratorium yang disesuaikan dengan bidang keteknikan seperti :

  1. Teknik Pantai
  2. Simulasi dan Komputasi Numerik
  3. Teknik Perkerasan Jalan
  4. Teknik dan Manajemen Lalulintas
  5. Manajemen Rekayasa Konstruksi
  6. Teknik Lingkungan
  7. Struktur
  8. Material
  9. Geoteknik
  10. Teknik Pertambangan
  11. Surveying dan Sistem Informasi Geografis
  12. Hidrolika dan Sumber Daya Air

 

 

Program Studi

  1. Program Studi S1 Arsitektur.
  2. Program Studi S1 Perencanaan Wilayah dan Kota.

Pimpinan

 

I. Program Studi S1 Arsitektur

Visi :

Pada tahun 2020, menjadi salah satu institusi pendidikan kearsitekturan yang unggul dan berorientasi internasional berbasis kearifan lokal.

Misi :

  1. Meningkatkan kualitas dan daya saing lulusan melalui pelayanan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi Kearsitekturan, yang tanggap terhadap fenomena global berbasis potensi kenusantaraan.
  2. Meningkatkan akses pelayanan interaktif antara institusi dan masyarakat, serta memperluas jaringan kerjasama nasional dan internasional.
  3. Meningkatkan kesejahteraan melalui pemberdayaan sumber daya institusi.
  4. Mengembangkan citra institusi dan kualitas tata kelola yang efektif, efisien, akuntabel, dan berkelanjutan.

Tujuan :

Menghasilkan Sarjana Arsitektur yang:

  1. Menjunjung tinggi norma keagamaan, etika dan tanggung jawab dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
  2. Memiliki wawasan keilmuan dalam perencanaan, perancangan, pelaksanaandanpengawasanserta pengelolaan dalam bidang arsitektur.
  3. Memiliki wawasan global dan mampu bertindak berdasarkan kearifan local dengan dukungan teknologi informasi dan komunikasi, serta kemampuan berbahasa internasional.
  4. Memiliki jiwa kewirausahaan.

II. Program Studi S1 Perencanaan Wilayah dan Kota

Visi :

Menjadi Pusat Keunggulan Pembelajaran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dalam bidang Perencanaan Wilayah dan Kota yang Berbasis pada Karakter Wilayah Pesisir dan Perbukitan di Kawasan Indonesia Timur.

Misi :

  1. Memelihara tingkat kemutakhiran kompetensi melalui keikutsertaan pada sertifikasi bidang ilmu dan kegiatan tertentu dengan standar global internasional serta mengupayakan mutual recognition dengan organisasi profesi baik nasional maupun internasional.
  2. Menyiapkan tenaga akademik dan tenaga peneliti di bidang perencanaan wilayah dan kota maupun beradaptasi dan belajar secara berkelanjutan.
  3. Menyiapkan perencana profesional yang berwawasan luas, menguasai metode dan teknologi perencanaan pembangunan wilayah dan kota yang memiliki karakteristik wilayah pesisir dan perbukitan
  4. Membangun kompetensi khas (local genius) dengan memberikan peluang pada pengembangan karakter wilayah dana spek kedaerahan di Indonesia bagian timur

Tujuan :

  1. Menghasilkan sarjana yang memiliki kompetensi yang mutahir sesuai standar internasional.
  2. Menghasilkan tenaga akademik dan tenaga peneliti di bidang perencanaan wilayah dan kota yang mampu beradaptasi dan belajar secara berkelanjutan.
  3. Menghasilkan sarjana perencana profesional yang berwawasan luas, menguasai metode dan teknologi perencanaan pembangunan wilayah dan kota yang memiliki karakteristik wilayah pesisir dan perbukitan.
  4. Menghasilkan sarjana perancana wilayah dan kota yang memiliki kompetensi khas (local genius)