LinksLinks2make money online
Hasil Survei

Hasil Survei Pemahaman Civitas Academica terhadap Visi dan Misi Fakultas Teknik

Dalam rangka mengevaluasi pemahaman segenap civitas academica Fakultas Teknik terhadap visi dan misi yang sudah ada, maka sejak Maret sampai dengan Juli 2021 telah diadakan survei secara daring. Di akhir survei, terdapat 449 responden yang terdiri dari 32 orang dosen, 23 tenaga kependidikan dan 394 orang mahasiswa. Dari seluruh responden tersebut, 440 responden (97.9955%) menjawab mengetahui bahwa Fakultas Teknik UNSRAT memiliki visi dan misi, sedangkan sisanya, 9 orang responden (2.0045 %) menjawab tidak mengetahui adanya visi dan misi ini. Angka ini sangat menggembirakan karena ini berarti hampir seluruh civitas academica Fakultas Teknik telah mengetahui adanya visi dan misi fakultas.

Dari total responden yang menjawab mengetahui adanya visi dan misi, dilakukan proses pembersihan data dari adanya hal-hal yang tidak lumrah (misalnya mahasiswa yang mengisi telah menjadi bagian Fakultas Teknik selama lebih dari 10 tahun), dan didapatkan 434 jawaban yang sahih.

Lebih jauh lagi, evaluasi visi dan misi dilakukan melalui 1 pertanyaan dan 4 pernyataan terkait pemahaman responden. Pertanyaan dan pernyataan-pernyataan tersebut adalah:

  1. Bagaimana tingkat pemahaman anda terhadap visi dan misi Fakultas Teknik UNSRAT?
  2. Visi dan misi yang ada saat ini SUDAH mencakup kebutuhan dan perkembangan terkini
  3. Pimpinan fakultas SUDAH mengupayakan implementasi visi dan misi dalam setiap aspek di Fakultas Teknik
  4. Visi dan misi yang ada saat ini BELUM tercermin dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh Fakultas Teknik UNSRAT
  5. Sebagai bagian dari Fakultas Teknik UNSRAT, anda SUDAH mengimplementasikan visi dan misi tersebut dalam kegiatan tridharma (apabila anda adalah seorang dosen), kemahasiswaan (apabila anda adalah seorang mahasiswa), maupun keg. administratif (apabila anda adalah seorang staf kependidikan).

Untuk setiap pertanyaan/pernyataan, responden mengisi dengan skor dalam 1 sampai dengan 6, dimana 1 berarti Sangat Tidak Setuju, sedangkan 6 berarti Sangat Setuju.

Pengolahan dilakukan dengan cara menghitung nilai rata-rata untuk setiap pertanyaan, setelah sebelumnya membalik skala pernyataan nomor 4 sehingga seluruh instrumen menjadi pertanyaan/pernyataan positif. Setiap pertanyaan/pernyataan dikodekan dengan urutan Q1 sampai dengan Q5, seperti yang dijelaskan di atas. Rata-rata jawaban responden tersebut ditunjukkan dalam diagram batang di bawah ini.

Didapati bahwa untuk Q4: “Visi dan misi yang ada saat ini BELUM tercermin dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh Fakultas Teknik UNSRAT” merupakan pernyataan dengan nilai rata-rata yang paling rendah, yakni 3.6. Di sisi lain, Q3: “Pimpinan fakultas SUDAH mengupayakan implementasi visi dan misi dalam setiap aspek di Fakultas Teknik” menjadi pernyataan dengan nilai rata-rata tertinggi (4.93). Untuk Q1, Q2 dan Q5, nilai rata-ratanya hampir seragam.

Dari dua ekstrem yang tergambar dalam survei ini, kita patut berbangga bahwa para pimpinan kita mendapatkan penilaian yang sangat baik terkait upaya penerapan visi dan misi tersebut. Di sisi lain, pengamalan visi dan misi dalam segala aspek yang ada di Fakultas Teknik perlu mendapat perhatian yang lebih serius. Tentu saja, hal tersebut menjadi tugas tanggung jawab kita bersama, sebagai civitas academica Fakutlas Teknik Universitas Sam Ratulangi.

Catatan: artikel ini merupakan ringkasan singkat dan gambaran umum dari survei yang telah dilakukan. Laporan lengkap dari survei ini akan disampaikan dalam waktu dekat.

Comment here

%d bloggers like this: