Info FatekPengumuman

Rencana Strategis dan Rencana Operasional (RENSTRA – RENOP) Fakultas Teknik Unsrat 2018 – 2022

Berikut ini adalah dokumen Rencana Strategis dan Rencana Operasional (RENSTRA – RENOP) Fakultas Teknik Unsrat 2018 – 2022.

Latar Belakang

Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi telah menjalani 54 tahun pengabdiannya, menjadi salah satu Fakultas Teknik terkemuka di Kawasan Indonesia Timur bahkan kawasan bibir Pasifik; telah turut memberikan kontribusi yang signifikan pada penyediaan tenaga-tenaga kerja di bidang rekayasa keteknikan. Secara derivatif, keterlibatan Fakultas Teknik juga cukup intensif pada pekerjaan-pekerjaan; perencanaan, konsultasi, konstruksi infrastruktur, dimana pada aspek ini adalah merupakan fungsi dharma ke tiga dari Tri Dharma pendidikan tinggi; yaitu pengabdian pada masyarakat. Realitas tersebut merupakan sesuatu yang mendorong (fakultas) agar secara kelembagaan, upaya-upaya peningkatan mutu harus terus menjadi perhatian utama, agar produk (lulusan) pendidikan teknik yang dihasilkan memiliki tingkat kompetensi yang tinggi sehingga mampu berkompetisi di pasar kerja.
Atas dasar pemikiran tersebut, penyelenggaraan pendidikan melalui proses pembelajaran yang efektif dan efisien harus tetap dijaga bahkan ditingkatkan dengan terus menerus mengembangkan sumberdaya yang ada.

Terhitung 1 Agustus 2010 Fakultas Teknik mempunyai 6 (enam) Program Studi S1, yaitu:
1. Program Studi S1Teknik Sipil
2. Program Studi S1 Arsitektur
3. Program Studi S1 T. Elektro
4. Program Studi S1 T. Mesin
5. Program Studi S1. Perencanaan Wilayah Kota
6. Program Studi S1 T. Informatika.
Selanjutnya pada tahun 2010 Jurusan Arsitektur mengembangkan diri dengan membuka Program Studi S2 Arsitektur. Pembukaan program studi ini, bekerja sama dengan Universitas Indonesia. Sama dengan S2 Teknik Sipil, Program Studi S2 Arsitektur kemudian dikelola di Pascasarjana Universitas Sam Ratulangi. Berdasarkan Aturan yang baru Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi untuk semua program studi berkategori mono-disiplin dapat dikelola di fakultas, maka Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi sedang mengupayakan Program Studi S2 Teknik Sipil dan Program Studi S2 Arsitektur di kelola di Fakultas Teknik Unsrat.
Berdasarkan kebutuhan masyarakat, maka pada tahun 2016 kemudian Fakultas Teknik mendirikan Program Studi S1 Teknik Lingkungan. Program studi ini, dibidani oleh Jurusan Teknik Sipil. Selanjutnya dalam pengelolaanya, di bawah jurusan Teknik Sipil. Selanjutnya di tahun 2018, Fakultas Teknik mulai membuka diri terhadap program profesi yang kemudian membentuk Program Profesi Insinyur (PPI). Oleh karena PPI ini dikategorikan sebagai program multi-disiplin, maka Program Studi PPI dalam pengelolaan, berada di Pascasarjana Universitas Sam Ratulangi.

Kondisi Aktual Fakultas Teknik Unsrat

Sejak berdirinya sampai tahun 2019, Fakultas Teknik telah menunjukan geliat perkembangannya dan dengan segudang rencananya. Terhitung sampai dengan tahun 2019, Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi mengelola 7 (tujuh) program studi S1 yaitu,
1. Program Studi S1Teknik Sipil
2. Program Studi S1 Arsitektur
3. Program Studi S1 Teknik Elektro
4. Program Studi S1 Teknik Mesin
5. Program Studi S1. Perencanaan Wilayah Kota
6. Program Studi S1 Teknik Informatika
7. Program Studi S1 Teknik Lingkungan.
Rencananya ke depan, Fakultas Teknik akan membentuk program studi baru baik S1, S2 dan S3 serta Program Profesi Arsitektur. Dalam pengelolaannya nanti, diharapkan semua program studi yang baru.

Informasi Selengkapnya tentang Rencana Strategis dan Rencana Operasional dapat dilihat melalui lampiran berikut.

Unduh Lampiran
Rencana Strategis dan Rencana Operasional (RENSTRA – RENOP) Fakultas Teknik Unsrat 2018 – 2022
%d bloggers like this: