BeritaInfo Organisasi Mahasiswa

Penyelenggaraan Pemilihan Ketua dan Sekretaris BEM Fakultas Teknik Unsrat

Pada hari jumat, 5 februari 2021 Fakultas Teknik universitas sam ratulangi mengadakan hari demokrasi yang dimana mahasiswa-mahasiswa Fakultas Teknik  memilih Ketua dan Sekretaris BEM Fakultas Teknik Universitas sam ratulangi.

Dimasa pandemic saat ini Kampus-kampus yang ada di Sulawesi utara belum juga melakukan kegiatan perkuliahan seperti pada aktivitas normal biasanya dan seperti yang didiketahui dimasa pandemic ini untuk dalam ranah Pendidikan,hampir diseluruh Indonesia kegiatan belajar mengajar maupun kegiatan organisasi dilakukan secara online/daring.Maka dari itu,Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa Fakultas Teknik yang disingkat KPUM-FT melakukan kebijakan dengan mengadakan pemilihan Ketua dan Sekretaris BEM Fakultas Teknik Unsrat yang merupakan pemilihan pertama diranah Fakultas yang ada di Sulawesi Utara.

Pemilihan yang diselenggarakan oleh KPUM-FT sendiri tidaklah mudah dari yang dibayangkan. Banyak prosedur dan mekanisme yang mesti dilakukan baik itu prosedur dari fakultas maupun prosedur dalam membuat website pemilihan. Dari KPUM-FT itu sendiri menyelenggarakan proses pemilihan dari mulainya dibentuk KPUM-FT sampai pada hari  pemilhan dilakukan dengan waktu sekitar 2 bulan. Pemilihan yang dilakukan secara online sangatlah menuntut informasi dan publikasi yang jelas,jujur,dan terbuka lewat media social,karena media social dimasa pandemic masa ini.

KPUM-FT pada hari ini menyelenggarakan pemilihan diruangan E-library didekanat Fakultas Teknik dengan waktu pemungutan suara berlangsung dalam 5 jam dari pukul 10.00 WITA sampai pukul 15.00 WITA. Untuk mekanisme pemiliihan itu sendiri,KPUM-FT Unsrat menyelenggarakan voting secara online dengan menggunakan akun website fatek.unsrat.ac.id dan untuk pemilih sendiri hanya dapat menggunakan hak suaranya dengan mendaftar pada google form yang telah di buat oleh KPUM-FT dan pemilih tersebut mendapat link,username,dan password untuk dapat melakukan login pada link website yang diberikan dari KPUM-FT.Untuk mekanisme dari KPUM-FT sendiri mendapatkan data-data mahasiswa aktif pemilih tetap dari google form pendaftaran pemilih yang nantinya di sortir KPUM-FT sehingga KPUM-FT mendapat jumlah pemilih tetap yang ada di Fakultas Teknik.

KPUM-FT juga sangat berhati-hati dan ketat dalam menjalankan program pada website yang akan dipakai untuk melakukan votingan.

Link Pemilihan: PEMILIHAN MENGGUNAKAN  SISTEM VOTING ELEKTRONIK SECARA DARING

Comment here

%d bloggers like this: