Mahasiswa Unsyiah Rampungkan KKN Tematik Covid-19 di 15 Provinsi

Home Forums Kegiatan Kemahasiswaan Mahasiswa Unsyiah Rampungkan KKN Tematik Covid-19 di 15 Provinsi

This topic contains 0 replies, has 1 voice, and was last updated by  Nita Nita 3 months, 3 weeks ago.

Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • #1444

    Nita Nita
    Participant

    Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Covid-19 yang digelar Universitas Syiah Kuala sejak 15 Mei lalu akhirnya selesai. Prosesi penarikan mahasiswa dilakukan secara daring oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unsyiah Dr Alfiansyah Yulianur BC melalui aplikasi Zoom di Banda Aceh, Jumat (3/7/2020).

    Kegiatan ini diikuti peserta KKN yang tersebar di 15 provinsi, yaitu Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Jambi, Lampung, Riau, Bengkulu, Jakarta, Banten, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Jawa Barat, Papua, dan Papua Barat.

    Alfiansyah mengapresiasi KKN Tematik tahun ini yang berjalan lancar di tengah keterbatasan akibat pandemi Covid-19. Walaupun KKN tahun ini berlangsung berbeda, ia berharap dapat memberikan pengalaman baru bagi mahasiswa.

    “KKN ini telah membuka mata kita. Walau banyak kendala akibat corona, tetapi jika kita mau bergerak, semua dapat dilaksanakan,” ujarnya.

    Penyebaran Covid-19 ini lanjutnya, merupakan pandemi besar yang telah menimpa banyak negara di seluruh dunia. Setiap orang dituntut untuk bersabar, berjuang, tidak putus asa, dan terus melakukan hal-hal positif walaupun bernilai kecil. Alfiansyah juga mengajak para mahasiswa jangan berputus asa dan terus meningkatkan kreatifitasnya. Sebab untuk membangun sebuah peradaban masyarakat, ucapan tahun baru dibutuhkan kreatifitas dan inovasi. Untuk itu, ia mengapresiasi para mahasiswa yang telah berhasil menjalankan program KKN di tempat ia berdomisili. Walau dihadapkan dengan keterbatasan di lapangan, tetapi mahasiswa mampu melahirkan ide dan inovasi selama kegiatan.

    Pelaksanaan KKN Tematik kali ini juga sejalan dengan konsep Kampus Merdeka yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Ini menjadi kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar dan berkegiatan dalam waktu beriringan.

    Sementara itu, Kepala Pusat Pelaksanaan dan Pengembangan Kuliah Kerja Nyata (P3KKN) Unsyiah Dr Dra Sulastri MSi menjelaskan KKN Tematik kali ini diikuti sebanyak 3.672 mahasiswa. Mereka dibimbing oleh 178 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang memiliki semangat pengabdian tinggi.

    KKN Tematik Covid-19 ini mengangkat tema, “Melalui KKN Tematik Covid-19 Unsyiah Tahun 2020 Kita Tingkatkan Kesadaran dan Ketahanan Masyarakat Melawan Wabah Covid-19 dalam Upaya Mewujudkan Masyarakat Tangguh Sehat dan Sejahtera.”

    Walau KKN Tematik ini telah usai, ia berharap apa yang telah dilakukan mahasiswa dapat membawa dampak besar di kemudian hari, baik bagi mahasiswa maupun masyarakat.

    “Sesungguhnya penarikan ini bukan berarti menarik mahasiswa kembali ke kampus, tetapi dari kegiatan KKN. Semoga apa yang mereka lakukan ini dapat membawa dampak baik bagi mereka sendiri maupun masyarakat.”

    Selain menutup rangkaian KKN Tematik, dalam kegiatan ini para mahasiswa juga mendengarkan kuliah motivasi tentang peningkatan skill dan entrepeneur oleh Kepala Atsiri Research Center Dr Syaifullah Muhammad MEng.

Viewing 1 post (of 1 total)

You must be logged in to reply to this topic.