Kembangkan Penghijauan Dan Peningkatan Nilai Estetika

Home Forums Kegiatan Kemahasiswaan Kembangkan Penghijauan Dan Peningkatan Nilai Estetika

This topic contains 3 replies, has 4 voices, and was last updated by  Hinder Sarah 4 months, 2 weeks ago.

Viewing 4 posts - 1 through 4 (of 4 total)
  • Author
    Posts
  • #2196

    namara we
    Participant

    Desa Sumberejo merupakan salah satu Desa yang dijadikan tempat melaksanakan KKN Pencerahan, Desa Sumberejo merupakan Desa yang berada di Kecamatan Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo.

    Secara administratif desa Sumberejo berbatasan dengan, sebeleah Utara berbatasan dengan Desa Mojorangagung, Cemeng, Bakalan, Jedong, Urangangung kecamatan Sidoarjo, sebelah selatan berbatasan dengan Desa Pilang, Lebo kecamatan Wonoayu. Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Suko kecamatan Sidoarjo, dan sebelah Barat dengan Desa Wonokasian, Ketimang kecamatan Wonoayu.

    Desa ini memiliki berbagai macam potensi untuk dikembangkan, salah satunya adalah potensi alamnya yang berupa tanah yang sangat subur untuk dijadikan penghijauan. Pada tahap awal kegiatan KKN Kelompok 32 Desa Sumberejo mengusung tema “Menanam Pohon di Sekitar Balai Desa dan Pembatas Jalan Desa Sumberejo.”

    Tema ini menitikberatkan pada penanaman tanaman berupa tanaman toga dan beberapa tanaman hias untuk menambah nilai estetika Desa Sumberejo.

    Sehingga diharapkan kegiatan ini dapat menghidupkan kembali pemandangan di sekitar balai Desa dan pembatas jalan Desa Sumberejo serta bermanfaat bagi warga dan lingkungan.

    Penghijauan ini dirasa penting dilakukan, karena dapat menciptakan kawasan yang asri dan hijau disertai beberapa hiasan yang menambah nilai estetika di Desa Sumberejo.

    Kegiatan penghijauan dan penambahan nilai estetika Desa Sumberejo ini, tentunya tidak hanya dilakukan oleh mahasiswa KKN 32 UMSIDA, tetapi juga melibatkan nama islami modern perempuan berbagai pihak seperti perangkat Desa Sumberejo yang diwakili oleh Babinsa, masyarakat Desa.

    Berdasarkan keterangan yang didapat dari Ibu Yeti selaku masyarakat di sekitar balai Desa Sumberejo, bahwa dahulunya sangat minim tanaman dan kebersihan juga hiasan yang kurang menambah nilai estetika di sepanjang jalan Desa dan Balai Desa Sumberejo.

    Hal tersebut berdampak pada citra Desa yang dinilai kurang dalam kegiatan penghijauan Desa, dan juga kurangnya penambahan nilai estetika di Desa Sumberejo.

    Kelompok 32 KKN Pencerahan Desa Sumberejo melakukan kegiatan penanaman kembali tanaman di sepanjang jalan dan balai Desa. Tanaman tersebut berupa tanaman toga dan tanaman hias yang diharapkan menjadi solusi atas permasalahan Desa Sumberejo khususnya di sekitar balai Desa Sumberejo Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 10 Maret 2021 sampai dengan 12 Maret 2021.

    Sebelum memulai kegiatan penanaman tanamn toga dan tanaman hias, mahasiswa melakukan persipan perelengkapan yang akan digunakan untuk kegitan penghijauan.

    Diawali dengan niat yang baik, penanaman tanaman dimulai dengan menggali lubang, dengan kedalaman kurang lebih 20cm, dan memberi pupuk kemudian mempercantik tanaman dengan memberikan nilai estetika yaitu dengan memanfaatkan botol bekas dan ban bekas untuk dijadikan pot. Selain itu kami juga membuat rak tanaman hias agar menambah nilai estetika Desa Sumberejo.

    Selain melakukan penanaman tanaman, mahasiswa juga melakukan kegiatan lain berupa kerja bakti bersama perangkat Desa dan warga sekitar. Kegiatan kerja bakti tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk memunguti sampah plastik yang mengganggu sanitasi di lingkungan sekitar.

    Dengan berlangsungnya kegiatan penanaman tanaman yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UMSIDA, diharapkan lingkungan di sekitar balai Desa dan sekitar jalan menjadi lebih asri juga meningkatkan kesadaran warga akan pentingnya perawatan dan pemeliharaan vegetasi hijau di sekitar rumahnya.

    #2224

    Dalia Gray
    Participant

    like

    #2242

    Aidan Sambell
    Participant

    Good work

    #2243

    Hinder Sarah
    Participant

    Good

Viewing 4 posts - 1 through 4 (of 4 total)

You must be logged in to reply to this topic.