Acara Puncak Dies Natalis ke - 52 Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi, dilaksanakan pada Jumat 30 September 2016 bertempat di Graha Gubernuran Bumi Beringin. Acara ini dihadiri Oleh Rektor UNSRAT, Dekan FATEK UNSRAT, para Dosen dan Staff  serta para Mahasiswa yang turut meramaikan acara tersebut. Dalam Sambutannya, Dekan Fakultas Teknik Prof Dr Ir Jefrey I Kindangen DEA  mengatakan : Usia 52 tahun merupakan suatu perjalanan yang panjang bagi suatu institusi pendidikan tinggi Teknik yang pertama dan terkemuka di Sulawesi Utara. Dengan Tema : Teknologi Tepat Guna Pada Pembangunan Wilayah Pesisir. Tema ini di ambil sebagai upaya dari civitas akademika Fakultas Teknik untuk berupaya menguasai

dan mengembangkan teknologi serta mengambil peran dalam menyukseskan setiap program pemerintah baik pusat maupun di daerah Sulawesi Utara, terlebih bermaksud mendukung upaya pengembangan dan peran Fakultas Teknik di masa akan datang dalam menghadapi era globalisasi khususnya menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean.

        Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof Dr Ir Ellen J Kumaat M.Sc DEA yang juga alumni Fakultas Teknik Unsrat dalam sambutannya mengatakan : Sebagai suatu perguruan tinggi, kita harus selalu responsif terhadap perubahan dan perkembangan teknologi, selalu siap dan mampu mengaplikasikan kemajuan teknologi dalam value chain atau seluruh aktifitas akademik (termasuk manajemen) di perguruang tinggi. Kita di tantang untuk memperluas kolaborasi dengan negara-negara yang lebih maju, agar transfer teknologi dapat terjadi lebih efektif. Rektor mengharapkan Fakuktas Teknik Unsrat dapat menjadi salah satu pilar utama melalui terpeliharanya atmosfir akademik, tata kelola serta kinerja akademik yang memenuhi standar BAN- PT.

Berikut beberapa momen yang diambil dari acara tersebut :